Apa Penyebab Mata Merah Menular? Temukan Penjelasanannya Di Sini...

Apa Penyebab Mata Merah Menular? Temukan Penjelasanannya Di Sini...

Apa Penyebab Mata Merah Menular? Temukan Penjelasanannya Di Sini - Konjungtivitis atau yang umum dimaksud mata merah atau “pink eye” yaitu peradangan pada selaput konjungtiva. Konjungtiva yaitu selaput transparan yang melapisi permukaan mata depan yang terlihat putih serta permukaan dalam kelopak mata. Posisi selaput ini terekspos segera ke lingkungan luar ; bakteria, virus serta sumber iritasi yang lain.


Peradangan pada konjungtivitis ditandai dengan penampilan mata merah atau pink serta dapat dibarengi dengan rasa gatal, perih, mata berair serta terbentuknya banyak kotoran atau lendir pada mata. Walau tak terlampau serius, tetapi masalah mata ini gampang sekali menular. Pemicunya dapat lantaran virus, bakteri, alergi pada debu, dan sebagainya.

Langkah Penularan

Penularan konjungtivitis berlangsung melalui kontak segera atau tak segera lewat objek. Umpamanya pasien yang terserang konjungtivitis sudah menyeka mata serta memakai kran. Lalu, Anda buka kran itu lantas mengucek atau membersihkan mata. Lewat cara itu virus serta bakteri tertular dari seorang ke orang lain.

Untuk hindari penularan, kebersihan diri mesti senantiasa dijaga. Bersihkan tangan dengan sabun saat sebelum menyeka muka atau mata. Janganlah sharing handuk muka, riasan mata, lensa kontak, kacamata atau bahkan juga lap kacamata dengan orang lain.

Lensa Kontak

Penggunaan lensa kontak baiknya dijauhi waktu berlangsung konjungtivitis lantaran bisa jadi sumber iritasi yang jadi memperburuk peradangan. Konjungtivitis dapat pula berlangsung tanpa ada diakui. Kontrol mata oleh praktisi lensa kontak bisa mengidentifikasi persoalan serta memberi referensi yang sesuai sama. Penggunaan lensa kontak bisa dilanjutkan sesudah keadaan mata lebih baik.

Langkah Pengobatan

Konjungtivitis biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, umumnya dalam sekian hari hingga satu minggu. Langkah yang lain yaitu dengan memakai salep atau tetes mata antibiotik dari dokter untuk melawan bakteri atau virus yang jadi parah keadaan mata.

Bila mata merah tak kunjung hilang kian lebih satu minggu serta dibarengi rasa sakit serta pandangan jadi buram, selekasnya periksakan ke dokter mata. Janganlah menundanya supaya keadaan tak makin kronis.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment