Inilah Sejarah Kacamata Dan Lensa Kontak


Inilah Sejarah Kacamata Dan Lensa Kontak


Kacamata


Inilah Sejarah Kacamata Dan Lensa Kontak


Inilah Sejarah Kacamata Dan Lensa Kontak - Kacamata pertama kalinya diketemukan seputar 3000 th. waktu lalu oleh bangsa di kota tua Niniwe, di mana pada saat itu fungsinya yaitu juga sebagai kaca pembesar. Bahan yang dipakai juga tidaklah lensa kaca tetapi batu Kristal. Perubahan kacamata lalu baru melesat pada era XII di Cina serta Eropa.


Kurun waktu singkat, kacamata mulai diproduksi dengan kwalitas lensa simpel serta penggunaannya cukup merepotkan. Pada saat itu, kacamata cuma terdiri atas dua lensa yang disambung tanpa ada tangkai serta ditempelkan di batang hidung. Sang pengguna juga mesti selalu memeganginya. Lantaran pemasangan yang rumit serta tak praktis tersebut, kacamata jadi tak diminati.

Inilah Sejarah Kacamata Dan Lensa Kontak


Beragam langkah lalu dikerjakan untuk bikin kacamata nyaman digunakan. Ada yang menempatkan rantai kecil pada ke-2 segi kacamata serta diikatkan dibagian belakang kepala, seperti kacamata perenang, ada lagi yang mengaitkan kacamata pada topi. Ini juga merepotkan, bahkan juga mengganggu, terlebih waktu mesti membaca didalam ruang atau buka topi untuk berikan salam. Sampai selanjutnya, tercetuslah inspirasi untuk menempatkan tangkai hingga kacamata itu bisa dihubungkan di telinga.

Th. 1784, Benjamin Franklin sukses temukan kacamata bifokus yang mempunyai lensa cembung serta lensa cekung dalam satu bingkai. Pada th. 1908 serta 1910 barulah di kenal lensa cembung cekung yang betul-betul menyatu dalam satu lensa. Materi lensa juga ikut berkembang jadi lensa kaca serta plastik.


Lensa Kontak



Inilah Sejarah Kacamata Dan Lensa Kontak


Inilah Sejarah Kacamata Dan Lensa Kontak - Banyak kelompok yakin, inspirasi lensa yang melekat segera pada bola mata itu konon telah ada mulai sejak th. 1508 dari catatan serta deskripsi dan sketsa yang di buat Leonardo Da Vinci. Didalam buku catatannya, diketemukan banyak sketsa perihal kacamata yang segera dapat dikenakan pada bola mata. Ada juga yang berasumsi bahwa lensa kontak digagas oleh Rene Descartes pada th. 1636 di mana ia bikin hydriascope, gelas yang di isi air untuk menetralisir kemampuan kornea mata.


Perubahan lensa kontak juga lalu sangatlah bermacam di beberapa negara. Seperti di Perancis pada th. 1888, lensa kontak dipakai juga sebagai alat kesehatan yang cuma digunakan oleh sebagian orang saja. Awalannya lensa kontak terbuat dari kaca serta menutupi semua sisi depan mata. Untunglah, pada 1938 diketemukan lensa kontak plastik serta satu dekade lalu mulai di kenal lensa kontak yang cuma menutupi kornea serta bisa digunakan sampai 16 jam /hari.

Di th. 1950 sampai 1960-an, lensa kontak di jual dengan harga yang sangatlah mahal serta gampang rusak. Baru kemudian, di th. 1990-an, di buat lensa kontak dengan harga yang lebih terjangkau serta memakai bahan penghantar oksigen hingga tambah lebih nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Inilah Sejarah Kacamata Dan Lensa Kontak

Inilah Sejarah Kacamata Dan Lensa Kontak

Previous
Next Post »
Thanks for your comment